What's new?

5 Film Horror Asia Terbaik dengan Teknik Found Footage, Sangat Direkomendasikan!

Contents [read more...]

Teknik found-footage merupakan salah satu teknik pengambilan gambar yang berantakan dan kacau tapi berhasil membuat penontonnya seolah menjadi karakter di dalam film tersebut, karakter yang memegang kamera. Film-film dengan teknik ini biasanya melekat dengan film horor. Tentu saja karena teknik film ini memacu adrenalin. Apalagi sering ditambahi jumpscare dan penampakan yang tak terduga bikin merinding dan frustasi.

Banyak film horor Asia yang berhasil mencuri banyak perhatian penonton. Namun, sejauh ini belum banyak film horor Asia yang menggunakan teknik found footage ini ditambah yang sukses menjadi rekomendasi film yang harus ditonton. Mengingat banyak film horor Asia yang sudah melancong ke mancanegara. 

Nah, berikut ini list film horor Asia dengan teknik found footage yang harus banget kamu tonton! Check this out!

Incantation (2022)

Sutradara : Kevin Ko
Penulis      : Chang Cei We, Kevin Ko
Negara      : Taiwan
Pemain     : Tsai Hsuan Yen, Huang Sin Ting, Kao Ying Hsuan

Cuplikan adegan di Trailer Film Incantation

Film asal Taiwan ini sempat menghebohkan dunia jagat maya Indonesia karena dianggap film yang berhasil membuat trauma. Plot filmnya yang sulit ditebak ditambah plot twist akhir yang mencekik seolah film ini berhasil menyusupkan mantra-mantra mengerikan itu di kepala penonton. 

Film ini mengisahkan seorang wanita yang kembali mengambil hak asuh anak perempuannya setelah sekian lama. Namun, tak disangka setelah anak tersebut kembali padanya banyak gangguan-gangguan aneh dan mistis yang tak bisa dijelaskan. Sehingga membuat wanita itu kembali membawanya ke masa kelamnya. Kini dirinya harus bisa bertahan dan menyelamatkan putri semata wayangnya tersebut. 

The Medium (2021)

Sutradara : Banjong Pisanthanakun
Penulis      : Chantavit Dhanasevi, Na Hong Jin, Banjong Pisanthanakun
Negara      : Thailand
Pemain     : Narilya Gulmongkolpech, Sawanee Utoomma, Sirani Yankittikan

Film produksi Thailand ini tak jauh berbeda dengan Incantation yang sempat booming di media sosial karena horornya menyerang psikologis. Film ini juga berhasil meninggalkan trauma yang mengerikan bagi penonton. Plotnya yang tak mudah ditebak menjadikan film ini sangat menarik untuk ditonton. Waspadalah, banyak adegan disturbing yang akan membuat penonton ferustasi. 

Film ini mengenai pembuatan film dokumenter seorang dukun wanita di sebuah daerah Thailand Utara. Daerah itu masih kental dengan dunia mistis dan kepercayaan lokalnya pada dewa-dewa tertentu. Selama pendokumentasian itu awalnya berjalan lancar tapi hal tak terduga terjadi. Keponakan dari dukun itu mengalami gangguan mistis hingga dirinya tanpa sadar melakukan hal-hal yang menjijikkan seolah dirasuki oleh sosok jahat. 

Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Sutradara : Jung Bum Shik
Penulis      : Jung Bum Shik, Park Sang Min
Negara      : Korea Selatan
Pemain     : Wi Ha Joon, Yoo Je Yoon, Lee Seung Wook

Cuplikan adegan di Trailer Film Gonjiam: Haunted Asylum

Gonjiam adalah salah satu film Korea terbaik yang patut direkomendasikan dari segi horror dengan teknik found footage. Meski idenya sederhana tapi berhasil membuat penonton tercekik dan adrenalin yang mudah melonjak setiap ada jumpscare. Bahkan beberapa adegannya banyak yang disturbing. 

Film ini mengenai sekumpulan kelompok orang yang melakukan live streaming di sebuah rumah sakit jiwa angker. Sebelum memulai mereka memasang kamera di setiap sudut ruang di bangunan tersebut. Tanpa diketahui, ternyata beberapa orang dari mereka bersengkongkol membuat tipuan demi mendapatkan atensi viewer. Namun tanpa diduga, tipuan itu menjadi teror yang mereka dapatkan menjadi semakin brutal yang merenggut kejiwaan mereka.

Dabbe: The Possession (2013)

Sutradara : Hasan Karacadağ
Penulis      : Hasan Karacadağ
Negara      : Turki
Pemain     : Ali Murat Özgen, Irmak Örnek, Cansu Kurgun, Elçin Atamgüç
 
Cuplikan adegan di trailer Film Dabbe: The Possession
Cuplikan adegan di trailer Film Dabbe: The Possession

Dabbee merupakan salah satu film franchise yang saat ini telah mencapai 6 seri. Film produksi Turki ini termasuk film horor terbaik yang patut ditonton. Konsep garis besarnya mirip dengan The Medium tapi secara plot dan lain-lain berbeda termasuk budaya yang diperlihatkan di film ini. 

Film ini merupakan dimulai seorang jurnalis yang memiliki minat untuk mendokumentasikan dunia mistis meski dirinya sangat skeptis tentang hal semacam itu. Seiring berjalannya waktu sembari mendokumentasi seorang pria yang sering menjadi pengusir setan yang merasuki seseorang, dirinya pun mulai menemukan hal-hal di luar nalar. 

Keramat (2009) & Keramat 2: Caruban Larang (2022)

Keramat (2009)

Sutradara : Monty Tiwa
Penulis      : Monty Tiwa
Negara      : Indonesia
Pemain     : Poppy Sovia, Migi Parahita, Sadha Triyudha

Film keramat merupakan film produksi Indonesia yang cukup menarik perhatian. Bahkan film ini telah dibuat spin-off nya yaitu Keramat dua. Jangan anggap remeh film ini meski resolusi gambarnya tak bagus mengingat film ini diproduksi tahun 2009 ditambah tekniknya pengambilannya adalah found-footage

Film pertama mengisahkan sekelompok orang yang akan membuat film di Jogja. Namun tak disangka, seseorang dari mereka telah dirasuki. Hingga akhirnya tanpa sadar mereka terjebak dan tersesat dalam dunia antah berantah yang membelenggu mereka.

Keramat 2: Caruban Larang (2022)

Sutradara : Monty Tiwa
Penulis      : Monty Tiwa, Azzam Fi Rullah, Sergius Susanto
Negara      : Indonesia
Pemain     : Umay Shahab, Keanu AGL, Lutesha, Ajil Ditto

Selanjutnya di film kedua mengisahkan sekelompok orang termasuk mahasiswa tari yang hendak melakukan penelitian ke Cirebon. Dalam penelitian tersebut, beberapa orang juga ikut mendokumentasikan penelitian tersebut. Mereka datang ke sebuah sanggar tari terbengkalai dan tak lama kemudian mereka melakukan sebuah ritual. Awalnya untuk memanggil arwah yang membantu penelitian mereka malah merenggut jiwa salah satu orang dari mereka.

-

Itulah liat film horor Asia yang bikin trauma! Nah, kalian sudah nonton yang mana? Kalau ada yang belum ditonton, nonton gih!