What's new?

"Inang": Mitos dan Kutukan Hari Rabu Wekasan Jawa

Contents [read more...]

 "INANG"
(2022)

  • Genre       : Horror, Mystery
  • Director   : Fajar Nugros
  • Writer      : Deo Mahameru
  • Stars        : Naysila Mirdad, Dimas Anggara, Lydia Kandou, Rukman Rosadi
  • Country  : Indonesia

Cuplikan adegan di Film Inang
Cuplikan adegan di Film Inang

Sinopsis Film Inang

Wulan (Naysila Mirdad) adalah seorang pegawai supermarket. Suatu hari dirinya mengakui kehamilannya pada kekasihnya. Namun pria itu malah meninggalkannya begitu saja. Masalahnya belum selesai karena Wulan kehabisan uang untuk menyewa tempat tinggalnya. Karena itu dirinya berniat untuk meminta gaji lebih awal kepada atasannya. Namun bukannya mendapatkan bantuan, Wulan mendapatkan pelecehan dari atasannya sehingga dirinya harus melepaskan pekerjaannya.

Wulan yang telah diusir dari kos sewaannya karena masalah uang terpaksa pergi ke tempat Nita (Rania Putrisari). Namun sesampai di sana, Wulan malah mendapati Nita sedang memiliki hubungan dengan atasan yang melecehkannya. Karena merasa dikhianati dan kesal, Wulan menerima tawaran suami istri yang akan mengadopsi anaknya.

Wulan berencana tinggal bersama sepasang suami istri (Lydia Kandou dan Lukman Rosadi) tersebut hingga anaknya lahir. Wulan merasa nyaman tinggal bersama mereka. Namun tak lama tinggal bersama mereka, Wulan merasa kejanggalan hingga akhirnya Wulan sering bermimpi buruk seorang wanita. Menjelang kelahiran bayinya, seorang pria bernama Bergas (Dimas Anggara) datang ke rumah itu.

Siapakah wanita yang terus menghantui Wulan tersebut? Siapakah pria tersebut?

Review Film Inang

⚠ (spoiler alert)

Rating : 7.8/10

  • Mengangkat Ide Cerita Rabu Wekasan dengan Atmosfer Jawa yag Kental

    Film ini mengangkat mitos Rabu Wekasan. Mitos ini berkembang di Jawa dikenal sebagai hari paling sial sepanjang tahun bagi kelahiran bayi. Berdasarkan kepercayaand di Jawa, bayi yang lahir di Rabu Wekasan harus diruwat untuk menghindari kesialan.
    Meski begitu, mitos ini menjadi ide utamanya tapi tidak banyak dibahas dalam film ini. Penampilan ritualnya pun terkesan terlalu jauh berbeda dengan ritual Jawa pada umumnya. Pelaku ritualnya mengenakan pakaian putih yang tidak mencirikan ritual Jawa selain mantranya yang dilafalkan dalam Bahasa Jawa.

    Cuplikan adegan di Film Inang
    Cuplikan adegan di Film Inang

  • Eksekusi Adegan dan Efeknya yang Kurang Dipoles

    Penggunaan darah pada beberapa adegantampak tidak realistis karena warna dan efeknya sehingga kesan gorenya tidak mencekam. Efek jumpscarenya pun cukup menegangkan.
    Tak ada penampakan hantu sehingga horornya terasa menegangkan pada teror yang dialami Wulan. Meski begitu film ini berhasil menyuguhkan atmosfer horor yang mencekam dan didukung dengan penampilan para pemainnya.


    Cuplikan adegan di Film Inang
    Cuplikan adegan di Film Inang
  • Penampilan Pemain yang Meyakinkan

    Penampilan pemain utamanya sangatlah apik. Mereka berhasil menggiring emosi penonton. Beberapa dialog dan scene berhasil mengecoh penonton untuk terus berburuk sangka. Aku sendiri merasa puas dengan akhir film ini.
Cuplikan adegan di Film Inang
Cuplikan adegan di Film Inang
-

So, ga usah basa-basi lagi. Film ini layak untuk ditonton. Nonton gih! 🎥