What's new?

KDrama "The Guest" (2018) vs KDrama "Revenant" (2023): Mana Yang Lebih Seru?

Contents [read more...]

Dua-duanya bikin merinding~

Bagi para netizen, drama korea terbaru "Revenant" yang disiarkan SBS TV dianggap drama Korea terbaik di tahun 2023. Meski begitu drama ini juga dibanding-bandingkan dengan drama 'The Guest' yang tayang di tahun 2018 di OCN. Drama The Guest memang dikenal dengan kebrutalannya yang membekas bagi para penontonnya.

Kedua drama tersebut memiliki garis besar cerita yang sama tentang membasmi sesosok iblis yang merasuki manusia dan menjadi dalang pembunuhan berantai misterius. Namun tentu saja kedua drama tersebut memiliki perbedaannya tersendiri yang khas.

Cuplikan adegan di Drama Revenant

Nah, berikut ini ulasan persamaan dan perbedaan dari drama Korea The Guest dan Revenant. Simak yaa!

  • Penyelidikan sosok iblis dibalik kematian berantai

    Kedua drama ini memiliki garis besar cerita yang serupa. Dimana ada sosok iblis atau roh jahat yang menjadi dalang dibalik kematian berantai.
    Iblis di The Guest merupakan sosok iblis jahat yang dikenal sebagai blis terkutuk yang telah ada dalam kepercayaan lokal Korea. Bukan sosok iblis yang diciptakan dari roh jahat seperti di Revenant. Sosok iblis di Revenant adalah roh jahat yang diciptakan seorang dukun sebagai tumbal pesugihan. Kemudian pemilihan korban tumbal oleh setannya pun cukup acak sesuai dengan kehendak setan itu sendiri.

Cuplikan adegan di Drama The Guest
  • Adegan eksorsisme dan kepercayaan

    The Guest memiliki adegan-adegan eksorsisme oleh seorang pastur dan seorang shaman. Sementara Revenant tidak ada. Hanya pembatalan kutukan atau ritual saja. Cara mengeluarkan sosok iblisnya hanya dengan ke tempat paling timur untuk mendapatkan matahari terbit. Jadi perginya setan itu ketika manusia yang dirasukinya terkena sinar matahari. Intinya setan tidak akan datang di siang hari.  Berbeda dengan The Guest yang terjadi juga di siang hari.

    The Guest mengangkat kepercayaan katolik dan kepercayaan lokal Korea atau perdukunan dalam melakukan eksorsisme.  Namun latar belakang sosok iblisnya tersebut adalah sosok dalam kepercayaan lokal setempat. Begitu pula pada Revenant, kepercayaannya berlatar dari perdukunan kepercayaan Korea. Namun tidak ada kepercayaan lain seperti agama katolik di The Guest.

Cuplikan adegan di Drama Revenant
  • Pembunuhan dan bunuh diri 

    The Guest punya tingkat kebrutalan thriller horornya yang jauh lebih mengerikan dari Revenant. Karena di The Guest, orang-orang yang kerasukan cenderung membunuh secara berantai. Sementara di Revenant orang-orang yang dirasuki akan bunuh diri dan juga orang-orang di sekitarnya. 

Cuplikan adegan di Drama The Guest
  • Karakter utama ceritanya

    The Guest dan Revenant memiliki 3 karakter utama yang berperan penting dalam pencarian dalang kasus berantai. Karakternya ada yang bisa melihat hantu atau cenanyang, polisi, dan seseorang yang memiliki pandangan dari iblis tersebut.

Cuplikan adegan di Drama The Guest
  • Chemistery para pemain

    Tidak hanya karakter utama semua karakter di kedua drama ini memiliki chemistery yang sangat baik. Tampak jelas saat dialog dan adegannya ada selipan komedi yang lucu padahal di tengah-tengah ketegangan yang intens.

    Baik di The Guest dan Revenant, penampilan para pemainnya ter-blend dengan baik. Penonton juga merasakan sentuhan romantis tipis di karakter utamanya.

Cuplikan adegan di Drama Revenant
  • Penuh plot twist yang mencengangkan

    The Guest memiliki alur cerita yang maju. Plotnya tak mudah ditebak tapi seru untuk diikuti. Sementara Revenant plot ceritanya juga tak mudah ditebak tapi banyak kejutan plot twist.

-

Well, itulah ulasan Drama The Guest vs Revenant. Tentu keduanya memiliki ciri khasnya masing-masing. The Guest khasnya horror thriler yang penuh kebrutalan sementara Revenant khas horor psikologis yang gelap dan mencekam.

Jadi, menurutmu mana yang jadi favorit kalian? The Guest atau Revenant?